Learning Cycle 5E
|
Konvensional
|
Modifikasi
|
||||||
Aktivitas
|
Kelemahan
|
Jawaban Kelemahan
|
Keterampilan 4C
|
Aktivitas
|
Keterampilan 4C
|
Keuntungan
|
Kelemahan
|
|
Engagement
|
1. Guru memberikan arahan mengenai alat dan bahan
praktikum
2.
Guru melakukan demonstrasi mengenai contoh gelombang transversal
menggunakan tali dan siswa diminta memperhatikan
|
1.
Harus tatap muka dengan siswa secara langsung
2.
Tidak bias membeikan rekaman ulang
3.
Membutuhkan waktu yang lama
4.
Guru yang berperan aktif
5.
Menimbulkan miskonsepsi
|
1.
Memerlukan media yang tidak harus tatap muka
2.
Merekam selama proses pembelajaran agar bisa
diulang kembali
3.
Dibutuhkan media yang banyak agar bisa menghemat waktu
4.
Membutuhkan alat atau media yang banyak yang
mendorong siswa untuk berperan aktif
5.
Dibutuhkan banyak sumber untuk mengkonfirmasi konsep
yang sudah diberikan
|
Communication
dan Collaborative
|
Guru
memberikan link aplikasi pHet
kepada siswa dan meminta siswa untuk mencoba dan mengambil data pada aplikasi
tersebut dengan materi Gelombang
Transversal
|
Communication
Komunikasi
terjadi ketika guru memberikan link aplikasi
pHet kepada siswa
Collaborative
Membangun
kerjasama untuk menggunakan aplikasi pHet
|
1.
Tidak harus bertatap muka
2.
Bisa membuka aplikasi kapan saja
3.
Bisa menyimpan hasil pembelajaran
4.
Menyediakan berbagai materi yang ingin dipelajari
5.
Bisa menumbuhkan konsep
|
1.
Harus di akses melalui internet atau menginstal
aplikasi terlebih dahulu
|
Exploration
|
Siswa
(dalam bentuk kelompok kecil) melakukan percobaan yang telah dilakukan guru
dan mencatat hasilnya
|
1.
Tidak semua siswa yang melakukan demonstrasi
2.
Terbatas referensi
3.
Karena adanya pembagian tugas masing-masing
4.
Alat yang terbatas, waktu yang lama
|
1.
Memberikan media kepada siswa agar bisa
mempraktikan sendiri
2.
Membutuhkan media penyedia referensi
3.
Perlu praktik individu dimana siswa bisa
mengerjakan semua prosedur dari tahap awal hingga akhir
4.
Perlu media yang bisa digunakan utuk semua siswa
dan dapat menghemat waktu
|
Communication,
Collaborative dan Creativity
|
Masing-masing
siswa membuka link aplikasi pHet
tersebut di hp atau laptop serta mencatat hasil percobaan
|
Critical
Thinkink
Proses
Critical Thinkink terjadi ketika
siswa menggunakan aplikasi dan mengolah data
Creativity
Siswa
dituntut kreatif saat menggunakan aplikasi.
Contohnya:
siswa memodifikasi amplitude gelombang
|
1.
Masing-masing siswa bisa mengakses aplikasi
2.
Siswa bisa praktik langsung menggunakan aplikasi
3.
Bisa menghemat waktu
|
1.
Tidak ada sumber referensi harus mencari referensi
di luar
|
Explanation
|
Siswa
menjelaskan hasil percobaan yang telah dilakukan oleh masing-masing kelompok
|
1.
Hanya sebatas perwakilan dalam presentasi di depan
kelas
2.
Tidak bisa berpendapat secara individu
3.
Yang menjelaskan hanya siswa yang terlibat dalam
pratikum
4.
Tidak biasa mengulang percobaan di rumah
|
1.
Semua siswa harus mempresentasikan hasil yang
didapatnya
2.
Mencari media yang bisa digunakan siswa untuk
mengemukan pendapat secara perorangan
3.
Memerlukan akses praktik individu maka siswa akan
mampu menjelaskan hasil kerjanya secara pribadi
4.
Mencari media yang dapat digunakan dimana saja
|
Communication
|
Siswa
membagikan hasil tersebut didalam forum diskusi online
|
Communication
Communication terjadi ketika
masing-masing siswa membagikan hasil percobaannya melaluin forum diskusi
online
|
1.
Semua siswa bisa menjelaskan hasil praktik
2.
Bisa menyampaikan hal-hal yang telah dipelajari
3.
Karena pengerjaan secara individu artinya semua
siswa bisa mengerti apa yang telah dikerjakannya
4.
Bisa di akses dimana saja
|
1.
Syarat harus memiliki jaringan internet
2.
Harus memiliki aplikasi terlebih dahulu
3.
Harus memiliki java
|
Elaboration
|
Siswa
mengkaitkan contoh gelombang transversal dalam kehidupan sehari-hari.
Contohnya:
menjelaskan kejadian pada tetesan air
|
1.
Siswa dituntut untuk menguasai konsep
2.
Objek tidak tersedia
3.
Keterbatasan ruang
4.
Keterbatasan ide karena di dalam ruangan
|
1.
Perlu sarana penyedia referensi untuk memahai
konsep
2.
Mencari sarana yang mudah dijadikan objek atau
penyedia objek
3.
Memerlukan ruang terbuka
4.
Perlu pembelajaran diluar kelas
|
Communication
dan Critical
Thinking
|
Masing-masing
siswa memberikan contoh tersebut di dalam kehidupan sehari-hari
|
Critical
Thinking
Siswa
menelaah kejadian dalam kehidupan sehari-hari yang berhubungan dengan
gelombang transversal
Communication
Siswa
membagikan contoh tersebut ke dalam forum diskusi onine
|
1.
Dapat menggambarkan objek yang tidak dapat dilihat
melalui mata
2.
Bisa membuka pemikiran siswa
3.
Bisa diakses di luar kelas
|
1.
Referensi tidak tersedia
|
Evaluation
|
Guru
mengevaluasi pemahaman siswa melalui kegiatan post test
|
1.
Tidak fleksible dalam bentuk waktu dan monoton
2.
Tidak interaktif dan tidak instan
3.
Tidak mengetahui sisi dalam keterampilan siswa
4.
Kurangnya kesiapan siswa dalam mental dan konsep
5.
Siswa yang memahami dengan baik yang bisa mendapatkan
nilai yang baik
6.
Hanya mengukur dari kognitif siswa
|
1.
Membutuhkan media yang simple dan dapat
menyesuaikan waktu
2.
Diperlukan media komunikasi aktif dan lancar
3.
Memberikan praktik langsung pada siswa untuk
mengasah keterampilan
4.
Perlu ruang pribadi yang tenang untuk menjaga
mental siswa
5.
Diperlukan praktik langsung agar siswa benar-benar
mengerti
6.
Perlu sarana yang dapat di ukur dari segi
kognitif, afektif dan psikomotor
|
Critical
thinking
|
Siswa
mengerjakan soal yang sudah guru sediakan di dalam forum diskusi online
|
Critical
Thinking
Siswa
menjawab soal yang telah diberikan oleh guru
|
1.
Bisa digunakan kapan saja
2.
Siswa dapat mengasah keterampilan dengan menu yang
telah disediakan
3.
Pengerjaan secara individu bisa memperkuat mental
dan kepercayaan diri terhadap hasil pribadi
4.
Praktik langsung dilakukan oleh siswa
5.
Bisa mengevaluasi siswa dari segi kognitif,
afektif dan psikomotor
|
1.
Tidak disediakan ruang untuk bertanya/ komunikasi
|
Pertanyaan:
1. Jelaskan tujuan peggunaan 4C pada proses
pembelajaran Learning Cycle 5E berdasarkan tabel diatas?
2. Jelaskan peran guru dalam menumbuhkan keterampilan critical
thinking?
3. Bagaimana cara guru menumbuhkan keterampilan creativity pada
model Learning Cycle 5E?
4. Jelaskan keterampilan collaborative yang
dilakukan dalam model pembelajaran learning cycle 5E?
5. Keterampilan apakah yang paling dominan pada model Learning
Cycle 5E? berikan alasannya?
1. untuk mengetahui adanya keterampilan pada masing-masing siswa
BalasHapus2. yaitu sebagai fasilitator untuk menghadirkan adanya proses berfikir kritis pada siswa
3. dengan memberikan sebuah proyek
4. pada saat mengambil data diaplikasi membutuhkan kesepakatan bersama untuk mengambil data
5. komunikasi
HapusTerimakasih atas jawabannya
Untuk jawaban nomor 5 saya rasa bukan hanya komunikasi, tolong berikan alasannya
Hapus1. untuk mengetahui adanya keterampilan pada masing-masing siswa
BalasHapus2. yaitu sebagai fasilitator untuk menghadirkan adanya proses berfikir kritis pada siswa
3. dengan memberikan sebuah proyek
4. pada saat mengambil data diaplikasi membutuhkan kesepakatan bersama untuk mengambil data
5. komunikasi
Apakah ada pendapat lain?
HapusUji coba saja
Hapus1.untuk mengetahui adanya keterampilan setiap siswa
BalasHapus2.sebagai fasilitator
3.memberikan tugas proyek
4.dibutuhkan kesepkatan bersama untuk mengambil data
5.komunikasi
Terimakasih atas jawabannya
HapusMohon berikan penjelasan tambahan bagaimana cara guru memfasilitator siswa
HapusYang paling dominan dalam dari model pembelajaran ini yaitu dapat meningkatan keterampilan berpikir kritis siswa setelah diterapkan tersebut.
BalasHapusTerimakasih atas jawabannya
HapusKarena pada tabel di atas salah satu yang paling dominan juga termasuk keterampilan komunikasi. Tolong jelaskan alasan memilih berpikir kritis
HapusMenurut saya untuk menumbuhkan creativity pada siswa yaitu dengan cara memberikan berbagai bentuk pengalaman kerja atau praktik dalam kegiatan pembelajaran
BalasHapusmungkin bisa diberi contoh praktik yang seperti apa?
HapusContohnya untuk pembelajaran ipa pada materi pengukuran menggunakan jangka sorong, mirometer sekrup atau yg lainnya, siswa sebaiknya diberikan kesempatan untuk praktik secara langsung menggunakan alat
HapusTerimakasih atas penjelasannya
Hapus- Mengidentifikasi keterampilan yang dimiliki siswa sehingga guru dapat menggunakan model pembelajaran apa yang pas untuk digunakan
BalasHapus- Menurut kurikulum 2013 revisi 2017, peran seorang guru hanya sebagai fasilisator dan juga pemberi motivasi untuk peserta didik, bukan menjadi pusat pembelajaran, makanya pada era sekarang diterapkan student center learning, dan menggunakan model pembelajaran learnig cycle 5E berbasis keteramplan 4C menurut saya cocok untuk diterapkan
- Bisa dengan memberikan sebuah tugas proyek, seperti membuat galvanometer atau multimeter
- Pada keterampilan collaborative terdapat kerjasama siswa dalam menggunakan aplikasi pHet yang mana, apabila siswa tersebut dapat bekerjasama dengan baik, maka akan membuat hasil belajarnya menjadi baik, kenapa bisa demikian, dikarenakan dengan bekerjasama yang baik, akan membuat semua tugas menjadi lebih ringan dan mempercepat pengerjaan tugas, serta bisa bertukar pikiran satu sama lainnya.
- Komunikasi, dikarenakan komunikasi yang baik akan membuat siswa tersebut dapat bekerjasama dengan teman sekitarnya, yang mana nantinya akan terdapat saling tukar argumentasi yang menimbulakan pemikiran kritis terhadap yang dibahas
Terimakasih atas jawabannya
Hapus1.untuk mengetahui keterampilan yg ada pada diri siswa
BalasHapus2.peran guru dlm model pembelajaran ini adalah sebagai fasilitator
terimakasih atas jawabannya. mungkin bisa di tambahkan fasilitas apa yang di berikan guru dalam proses pembelajaran :)
Hapus2. Guru sebagai fasilitator peserta didik, agar peserta didik mampu menyusun, menganalisa dan menyelesaikan suatu masalah dalam proses pembelajaran.
BalasHapusterimakasih atas jawabannya
HapusPeran guru dalam keterampilan cratical thinking adalah guru sebagai pengarah dalam siswa melalukan pengolahan data dan mengarahkan siswa menghubungkan materi kedalam kehidupan sehari-hari
BalasHapusterimakasih atas jawabannya
HapusTolong berikan contoh bagaimana cara guru untuk mengarahkan pemikiran siswa seperti yang kakak maksud?
Hapus1. Tujuannya yaitu untuk mengetahui kemampuan siswa
BalasHapus2. Peran guru yaitu sebagai fasilitator
3. De gan cara memberikan siswa tugas proyek, cobtohnya praktikum
4. Membutuhkan kerja sama dalam memecahkan masalah
5. Komunikasi
Pertanyaan yang sama seperti jawaban yang lainnya, benar bahwa peran guru sebagai fasilitator, tetapi cara apa yang di lakukan guru sebagai fasilitator tersebut. Serta berikan alasan mimilih komunikasi sebagai keterampilan yang paling dominan, karena pada kegiatan modifikasi, keterampilan berpikir kritis juga merupakan salah satu keterampilan yang dominan
Hapus1. Tujuannya yaitu untuk mengetahui kemampuan siswa
BalasHapus2. Peran guru yaitu sebagai fasilitator
3. De gan cara memberikan siswa tugas proyek, cobtohnya praktikum
4. Membutuhkan kerja sama dalam memecahkan masalah
5. Komunikasi
Menurut saya untuk menumbuhkan creativity pada siswa adalah dengan memberikan pembelajaran berbasis suatu masalah ataupun proyek.
BalasHapusMisalnya diawal siswa diberikan suatu masalah yang berkaitan materi ajar sehingga siswa akan berusaha dengan kreatifitasnya untuk mencari solusi agar masalah tersebut dapat terselesaikan. Untuk proyek misalnya siswa bisa diminta untuk membuat suatu alat yang dapat melihat spektrum cahaya berupa mejikuhibiniu dengan menggunakan alat sederhana yang mereka buat sendiri menggunakan kepingian kaset/cd.
nmor 2 peran guru dalam keterampilan critical thinking
BalasHapusyaitu Guru mengevaluasi pemahaman siswa melalui kegiatan post test kepada siswa.
(Deviani asri) saya akan mencoba menjawab pertanyaan no 5 keterampilan yang paling dominan Disini yaitu comunication.
BalasHapusToling sertakan alasannya, karena keterampilan berpikir kreatif juga merupakan yang dominan pada tabel di atas
Hapus(Deviani asri) saya akan mencoba menjawab pertanyaan no 5 keterampilan yang paling dominan Disini yaitu comunication.
BalasHapusuntuk meningkatkan creativty pada model 5E hargai pendapat siswa dan melakukan eksperimen
BalasHapusJika hanya menghargai, apakah bisa meningkatkan kreatifitas?
Hapussaya akan coba jawab pertanyaan nomor 2..
BalasHapusMenurut saya, peran guru dalam critical thinking adalah sebagai stimulator. Sejalan dengan kurikulum yang berlaku di sekolah pada saat ini yaitu pembelajaran berpusat pada siswa, sehingga pembelajaran tidak lagi selalu satu arah, tetapi siswa lebih dituntut aktif dalam proses pembelajaran. pada critical thinking sendiri menuntut siswa untuk memiliki pengetahuan yang banyak dan beragam, sehingga disinilah letak peran guru sebagai stimulus, yang memberikan stimulasi kepada siswa untuk terus mengembangkan potensi dirinya dalam pembelajaran sejalan dengan kurikulum yang diterapkan untuk mencPi tujuan pembelajaran.
Pendapat saya mengenai modifikasi model pembelajaran tersebut digunakan untuk memberikan siswa kebebasan dalam bereksperimen maupun mengungkapkan ide2 yang kreatif serta mengembangkan keterampilan siswa saat prises pembelajaran
BalasHapus2. Guru sebagai fasilitator. Guru mengontrol jalan nya proses pembelajaran dan siswa diberikan kebebasan untuk kreatif dan aktif. Setelah pembelajaran selesai guru akan mengetahui sejauh mana pemahamam siswa dengan cara memberikan soal
BalasHapus5. Komunikasi
Jelaskan apa pengertian dari model pembelajaran Cycle Learning 5E ?
BalasHapusSiklus belajar 5E (learning cycle 5E) adalah model pembelajaran konstruktivis yang menggabungkan antara hands-on, minds-on, dan penyelidikan ilmiah berbasis pedagogi.
Berbeda dengan metode pengajaran tradisional yang mendominasikan instruksi langsung dalam menyampaikan informasi, siklus belajar 5E dengan pendekatan hands-on di mana siswa dapat mengeksplorasi konsep baru, mengevaluasi kembali pengalaman masa lalu mereka, dan mengasimilasi atau mengakomodasi pengalaman baru dan konsep ke dalam skema yang sudah ada
Jelaskan peran keterampilan 4C dalam model pembelajaran Cycle Learning 5E ?
Keterampilan abad ke-21 atau diistilahkan dengan 4C (Communication, Collaboration, Critical Thinking and Problem Solving, dan Creativity and Innovation) merupakan kemampuan sesungguhnya ingin dituju dengan Kurikulum 2013.
Tentu memiliki peran penting dalam langkah-langkah, acuan, dan cara menilai lebih terarah karenanya
Bagaiamna peran guru dalam mengaktifkan siswa yang tidak berkomunikasi (Collaborative ) dalam kelompok kecil ?
Peran guru adalah sebagai fasilisator untuk bertanya. Guru juga berperan memberikan motivasi untuk saling bertanya sehingga berjalan komunikasi dengan baik dan memperbaiki adanya miskonsepsi
Bagaimana peran guru dalam menumbuhkan proses berfikiri kritis (Critical thinking) pada siswa ?
Guru memberikan pertanyaan atau masalah sehingga siswa berusaha berpikir untuk memecahkan masalah tersebut
Jelaskan bagaimana komunikasi (Communication) yang terjadi pada saat menggunakan forum diskusi online ?
Komunikasi bisa dilakukan dengan lebih mudah karena pada umumnya orang yang memiliki kesulitan berbicara akan lebih mudah mengungkapkan melalui pesan teks. Media komunikasi dapat juga berupa audio maupun vidio.
mohon maaf jawaban anda kurang sesuai dengan pertanyaan yang saya ajukan :)
HapusPeran guru adala memastikan bahwa siswa mengerjakan tugas yg diberikan. Karena Critical Thinking
BalasHapusSiswa menjawab soal yang telah diberikan oleh guru
1. Tujuannya adalah untuk berinteraksi dgn siswa agar dapat mengobservasi kemampuan dan keahlian pada masing-masing siswa tersebut
BalasHapusPeran guru dalam keterampilan critical thinking adalah menjadi fasilitator dalam setiap aktivitas pembelajaran yang merangsang pola pikir kritis siswa, memotivasi siswa, dan menganalisis serta mengevaluai hasil kerja siswa.
BalasHapusSeperti yang di alami kebanyakan, merangsang pola pikir kritis siswa sangat sulit untuk dilakukan. Lantas bagaimana cara yang di perlukan agar siswa benar benar mampu mengasah pola pikir kritisnya?
Hapus1. Untuk mengetahui keterampilan siswa
BalasHapus2. Sebagai fasilitator
3. Memberikan tugas Yang menarik
4. kerjasama
5. Communication
Siklus belajar 5E (learning cycle 5E) adalah model pembelajaran konstruktivis yang menggabungkan antara hands-on, minds-on, dan penyelidikan ilmiah berbasis pedagogi.
BalasHapusBerbeda dengan metode pengajaran tradisional yang mendominasikan instruksi langsung dalam menyampaikan informasi, siklus belajar 5E dengan pendekatan hands-on di mana siswa dapat mengeksplorasi konsep baru, mengevaluasi kembali pengalaman masa lalu mereka, dan mengasimilasi atau mengakomodasi pengalaman baru dan konsep ke dalam skema yang sudah ada
Jelaskan peran keterampilan 4C dalam model pembelajaran Cycle Learning 5E ?
Keterampilan abad ke-21 atau diistilahkan dengan 4C (Communication, Collaboration, Critical Thinking and Problem Solving, dan Creativity and Innovation) merupakan kemampuan sesungguhnya ingin dituju dengan Kurikulum 2013.
Menurut saya, peran guru dalam critical thinking adalah sebagai stimulator.
BalasHapusterimakasih. mungkin bisa di tambahkan cara guru menstimulasi pemikiran siswa :)
HapusBerpikir kreatif adalah upaya untuk menghubungkan benda-benda atau gagasan-gagasan yang sebelumnya tidak berhubungan. Berpikir kreatif menggunakan benda-benda atau gagasan-gagasan yang sudah nyata ada dan di dalam pikiran kitalah sesungguhnya proses nyata itu berlangsung.
BalasHapusTujuannya adalah untuk berinteraksi dgn siswa agar dapat mengobservasi kemampuan dan keahlian pada masing-masing siswa tersebut
BalasHapusMenurut saya peran guru dalam keterampilan critical thinking adalah menjadi fasilitator dalam setiap aktivitas pembelajaran yang merangsang pola pikir kritis siswa dalam suatu masalah, memotivasi siswa bagi siswa, dan menganalisis serta mengevaluai hasil kerja siswa.
BalasHapusmenurut saya jawaban pertanyaan 5 yaitu keterampilan yang paling dominan Disini yaitu comunication.
BalasHapusBisa sertakan alasannya?
HapusMenurut saya, mungkin karna di setiap pembelajaran keterampilan yang selalu terlihat dari siswa adalah Communication, karna pada keterampilan tersebut dilakukan siswa pada saat selama proses pembelajaran dan diskusi berlangsung
HapusPertama untuk mengetahui adanya keterampilan pada setiap siswa nya, kedua yaitu sebagai fasilitator, ketiga dengan memberikan sebuah proyek kepada siswa nya, ke empat membutuhkan Kerja sama team dan kesepakatan team agar hasilnya sesuai yg di inginkan, dan yg ke lima komunikasih.
BalasHapusHalo Lika, saya akan menajwab pertanyaan nomor 2
BalasHapusPeran Guru dalam Critical thinking yakni sebagai fasilitator dan katalisator dalam mentrigger kemampuan critical thinking siswa terutama dalam merespon permasalahan yang disajikan dalam pembelajaran. dengan kehadiran guru, siswa akan menjadi lebih leluasa untuk mengutarakan argumentasinya kareana terjadi komunikasi yang baik.
Hai sayang kakak coba jawab salah satunya ya
BalasHapusCara guru menumbuhkan chritical thinking siswa adalah dengan menggunakan model dan metoda yang dapat meningkatkan rasa keingintahuan siswa sehingga terarah untuk percaya diri dalam belajar mandiri, memberikan tanggung jawab kepada siswa untuk mampu mengelola pembelajaran yng mndiri
Ok just it. 😘
Terimakasih kak atas jawabannya, pada tabel di atas saya menggunakan learning cycle 5E, menurut kakak apakah model tersebut sudah dapat dijadikan sebagai sarana untuk menumbuhkan critical thinking?
Hapus