Selasa, 01 Oktober 2019

Modifikasi Model Pembelajaran Learning Cycle 5E Berbasis Keterampilan 4C

Learning Cycle 5E
Konvensional
Modifikasi
Aktivitas
Kelemahan
Jawaban Kelemahan
Keterampilan 4C
Aktivitas
Keterampilan 4C
Keuntungan
Kelemahan
Engagement
1.   Guru memberikan arahan mengenai alat dan bahan praktikum
2.     Guru melakukan demonstrasi  mengenai contoh gelombang transversal menggunakan tali dan siswa diminta memperhatikan
1. Harus tatap muka dengan siswa secara langsung
2. Tidak bias membeikan rekaman ulang
3. Membutuhkan waktu yang lama
4. Guru yang berperan aktif
5. Menimbulkan miskonsepsi
1.  Memerlukan media yang tidak harus tatap muka
2.  Merekam selama proses pembelajaran agar bisa diulang kembali
3.  Dibutuhkan media yang banyak agar  bisa menghemat waktu
4.  Membutuhkan alat atau media yang banyak yang mendorong siswa untuk berperan aktif
5.  Dibutuhkan banyak sumber untuk mengkonfirmasi konsep yang sudah diberikan
Communication dan Collaborative

Guru memberikan link aplikasi pHet kepada siswa dan meminta siswa untuk mencoba dan mengambil data pada aplikasi tersebut dengan materi Gelombang Transversal
Communication
Komunikasi terjadi ketika guru memberikan link aplikasi pHet kepada siswa

Collaborative
Membangun kerjasama untuk menggunakan aplikasi pHet
1.     Tidak harus bertatap muka
2.     Bisa membuka aplikasi kapan saja
3.     Bisa menyimpan hasil pembelajaran
4.     Menyediakan berbagai materi yang ingin dipelajari
5.     Bisa menumbuhkan konsep
1.     Harus di akses melalui internet atau menginstal aplikasi terlebih dahulu
Exploration
Siswa (dalam bentuk kelompok kecil) melakukan percobaan yang telah dilakukan guru dan mencatat hasilnya
1.  Tidak semua siswa yang melakukan demonstrasi
2.  Terbatas referensi
3.  Karena adanya pembagian tugas masing-masing
4.  Alat yang terbatas, waktu  yang lama
1.  Memberikan media kepada siswa agar bisa mempraktikan sendiri
2.  Membutuhkan media penyedia referensi
3.  Perlu praktik individu dimana siswa bisa mengerjakan semua prosedur dari tahap awal hingga akhir
4.  Perlu media yang bisa digunakan utuk semua siswa dan dapat menghemat waktu
Communication, Collaborative dan Creativity
Masing-masing siswa membuka link aplikasi pHet tersebut di hp atau laptop serta mencatat hasil percobaan
Critical Thinkink
Proses Critical Thinkink terjadi ketika siswa menggunakan aplikasi dan mengolah data

Creativity
Siswa dituntut kreatif saat menggunakan aplikasi.
Contohnya: siswa memodifikasi amplitude gelombang

1.     Masing-masing siswa bisa mengakses aplikasi
2.     Siswa bisa praktik langsung menggunakan aplikasi
3.     Bisa menghemat waktu
1.     Tidak ada sumber referensi harus mencari referensi di luar
Explanation
Siswa menjelaskan hasil percobaan yang telah dilakukan oleh masing-masing kelompok
1.  Hanya sebatas perwakilan dalam presentasi di depan kelas
2.  Tidak bisa berpendapat secara individu
3.  Yang menjelaskan hanya siswa yang terlibat dalam pratikum
4.  Tidak biasa mengulang percobaan di rumah
1. Semua siswa harus mempresentasikan hasil yang didapatnya
2. Mencari media yang bisa digunakan siswa untuk mengemukan pendapat secara perorangan
3. Memerlukan akses praktik individu maka siswa akan mampu menjelaskan hasil kerjanya secara pribadi
4. Mencari media yang dapat digunakan dimana saja
Communication
Siswa membagikan hasil tersebut didalam forum diskusi online
Communication
Communication terjadi ketika masing-masing siswa membagikan hasil percobaannya melaluin forum diskusi online
1.     Semua siswa bisa menjelaskan hasil praktik
2.     Bisa menyampaikan hal-hal yang telah dipelajari
3.     Karena pengerjaan secara individu artinya semua siswa bisa mengerti apa yang telah dikerjakannya
4.     Bisa di akses dimana saja
1.     Syarat harus memiliki jaringan internet
2.     Harus memiliki aplikasi terlebih dahulu
3.     Harus memiliki java

Elaboration
Siswa mengkaitkan contoh gelombang transversal dalam kehidupan sehari-hari.
Contohnya: menjelaskan kejadian pada tetesan air
1.  Siswa dituntut untuk menguasai konsep
2.  Objek tidak tersedia
3.  Keterbatasan ruang
4.  Keterbatasan ide karena di dalam ruangan

1. Perlu sarana penyedia referensi untuk memahai konsep
2. Mencari sarana yang mudah dijadikan objek atau penyedia objek
3. Memerlukan ruang terbuka
4. Perlu pembelajaran diluar kelas
Communication
dan Critical Thinking


Masing-masing siswa memberikan contoh tersebut di dalam kehidupan sehari-hari
Critical Thinking
Siswa menelaah kejadian dalam kehidupan sehari-hari yang berhubungan dengan gelombang transversal

Communication
Siswa membagikan contoh tersebut ke dalam forum diskusi onine

1.     Dapat menggambarkan objek yang tidak dapat dilihat melalui mata
2.     Bisa membuka pemikiran siswa
3.     Bisa diakses di luar kelas
1.     Referensi tidak tersedia
Evaluation
Guru mengevaluasi pemahaman siswa melalui kegiatan post test

1.  Tidak fleksible dalam bentuk waktu dan monoton
2.  Tidak interaktif dan tidak instan
3.  Tidak mengetahui sisi dalam keterampilan siswa
4.  Kurangnya kesiapan siswa dalam mental dan konsep
5.  Siswa yang memahami dengan baik yang bisa mendapatkan nilai yang baik
6.  Hanya mengukur dari kognitif siswa
1.     Membutuhkan media yang simple dan dapat menyesuaikan waktu
2.     Diperlukan media komunikasi aktif dan lancar
3.     Memberikan praktik langsung pada siswa untuk mengasah keterampilan
4.     Perlu ruang pribadi yang tenang untuk menjaga mental siswa
5.     Diperlukan praktik langsung agar siswa benar-benar mengerti
6.     Perlu sarana yang dapat di ukur dari segi kognitif, afektif dan psikomotor
Critical thinking
Siswa mengerjakan soal yang sudah guru sediakan di dalam forum diskusi online
Critical Thinking
Siswa menjawab soal yang telah diberikan oleh guru
1.   Bisa digunakan kapan saja
2.   Siswa dapat mengasah keterampilan dengan menu yang telah disediakan
3.   Pengerjaan secara individu bisa memperkuat mental dan kepercayaan diri terhadap hasil pribadi
4.   Praktik langsung dilakukan oleh siswa
5.   Bisa mengevaluasi siswa dari segi kognitif, afektif dan psikomotor
1.   Tidak disediakan ruang untuk bertanya/ komunikasi

Pertanyaan:
1. Jelaskan tujuan peggunaan 4C pada proses pembelajaran Learning Cycle 5E berdasarkan tabel diatas?
2. Jelaskan peran guru dalam menumbuhkan keterampilan critical thinking?
3. Bagaimana cara guru menumbuhkan keterampilan creativity pada model Learning Cycle 5E?
4. Jelaskan keterampilan collaborative yang dilakukan dalam model pembelajaran learning cycle 5E?
5. Keterampilan apakah yang paling dominan pada model Learning Cycle 5E? berikan alasannya?

58 komentar:

  1. 1. untuk mengetahui adanya keterampilan pada masing-masing siswa
    2. yaitu sebagai fasilitator untuk menghadirkan adanya proses berfikir kritis pada siswa
    3. dengan memberikan sebuah proyek
    4. pada saat mengambil data diaplikasi membutuhkan kesepakatan bersama untuk mengambil data
    5. komunikasi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk jawaban nomor 5 saya rasa bukan hanya komunikasi, tolong berikan alasannya

      Hapus
  2. 1. untuk mengetahui adanya keterampilan pada masing-masing siswa
    2. yaitu sebagai fasilitator untuk menghadirkan adanya proses berfikir kritis pada siswa
    3. dengan memberikan sebuah proyek
    4. pada saat mengambil data diaplikasi membutuhkan kesepakatan bersama untuk mengambil data
    5. komunikasi

    BalasHapus
  3. 1.untuk mengetahui adanya keterampilan setiap siswa
    2.sebagai fasilitator
    3.memberikan tugas proyek
    4.dibutuhkan kesepkatan bersama untuk mengambil data
    5.komunikasi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mohon berikan penjelasan tambahan bagaimana cara guru memfasilitator siswa

      Hapus
  4. Yang paling dominan dalam dari model pembelajaran ini yaitu dapat meningkatan keterampilan berpikir kritis siswa setelah diterapkan tersebut.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Karena pada tabel di atas salah satu yang paling dominan juga termasuk keterampilan komunikasi. Tolong jelaskan alasan memilih berpikir kritis

      Hapus
  5. Menurut saya untuk menumbuhkan creativity pada siswa yaitu dengan cara memberikan berbagai bentuk pengalaman kerja atau praktik dalam kegiatan pembelajaran

    BalasHapus
    Balasan
    1. mungkin bisa diberi contoh praktik yang seperti apa?

      Hapus
    2. Contohnya untuk pembelajaran ipa pada materi pengukuran menggunakan jangka sorong, mirometer sekrup atau yg lainnya, siswa sebaiknya diberikan kesempatan untuk praktik secara langsung menggunakan alat

      Hapus
    3. Terimakasih atas penjelasannya

      Hapus
  6. - Mengidentifikasi keterampilan yang dimiliki siswa sehingga guru dapat menggunakan model pembelajaran apa yang pas untuk digunakan
    - Menurut kurikulum 2013 revisi 2017, peran seorang guru hanya sebagai fasilisator dan juga pemberi motivasi untuk peserta didik, bukan menjadi pusat pembelajaran, makanya pada era sekarang diterapkan student center learning, dan menggunakan model pembelajaran learnig cycle 5E berbasis keteramplan 4C menurut saya cocok untuk diterapkan
    - Bisa dengan memberikan sebuah tugas proyek, seperti membuat galvanometer atau multimeter
    - Pada keterampilan collaborative terdapat kerjasama siswa dalam menggunakan aplikasi pHet yang mana, apabila siswa tersebut dapat bekerjasama dengan baik, maka akan membuat hasil belajarnya menjadi baik, kenapa bisa demikian, dikarenakan dengan bekerjasama yang baik, akan membuat semua tugas menjadi lebih ringan dan mempercepat pengerjaan tugas, serta bisa bertukar pikiran satu sama lainnya.
    - Komunikasi, dikarenakan komunikasi yang baik akan membuat siswa tersebut dapat bekerjasama dengan teman sekitarnya, yang mana nantinya akan terdapat saling tukar argumentasi yang menimbulakan pemikiran kritis terhadap yang dibahas

    BalasHapus
  7. 1.untuk mengetahui keterampilan yg ada pada diri siswa
    2.peran guru dlm model pembelajaran ini adalah sebagai fasilitator

    BalasHapus
    Balasan
    1. terimakasih atas jawabannya. mungkin bisa di tambahkan fasilitas apa yang di berikan guru dalam proses pembelajaran :)

      Hapus
  8. 2. Guru sebagai fasilitator peserta didik, agar peserta didik mampu menyusun, menganalisa dan menyelesaikan suatu masalah dalam proses pembelajaran.

    BalasHapus
  9. Peran guru dalam keterampilan cratical thinking adalah guru sebagai pengarah dalam siswa melalukan pengolahan data dan mengarahkan siswa menghubungkan materi kedalam kehidupan sehari-hari

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tolong berikan contoh bagaimana cara guru untuk mengarahkan pemikiran siswa seperti yang kakak maksud?

      Hapus
  10. 1. Tujuannya yaitu untuk mengetahui kemampuan siswa
    2. Peran guru yaitu sebagai fasilitator
    3. De gan cara memberikan siswa tugas proyek, cobtohnya praktikum
    4. Membutuhkan kerja sama dalam memecahkan masalah
    5. Komunikasi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pertanyaan yang sama seperti jawaban yang lainnya, benar bahwa peran guru sebagai fasilitator, tetapi cara apa yang di lakukan guru sebagai fasilitator tersebut. Serta berikan alasan mimilih komunikasi sebagai keterampilan yang paling dominan, karena pada kegiatan modifikasi, keterampilan berpikir kritis juga merupakan salah satu keterampilan yang dominan

      Hapus
  11. 1. Tujuannya yaitu untuk mengetahui kemampuan siswa
    2. Peran guru yaitu sebagai fasilitator
    3. De gan cara memberikan siswa tugas proyek, cobtohnya praktikum
    4. Membutuhkan kerja sama dalam memecahkan masalah
    5. Komunikasi

    BalasHapus
  12. Menurut saya untuk menumbuhkan creativity pada siswa adalah dengan memberikan pembelajaran berbasis suatu masalah ataupun proyek.
    Misalnya diawal siswa diberikan suatu masalah yang berkaitan materi ajar sehingga siswa akan berusaha dengan kreatifitasnya untuk mencari solusi agar masalah tersebut dapat terselesaikan. Untuk proyek misalnya siswa bisa diminta untuk membuat suatu alat yang dapat melihat spektrum cahaya berupa mejikuhibiniu dengan menggunakan alat sederhana yang mereka buat sendiri menggunakan kepingian kaset/cd.

    BalasHapus
  13. nmor 2 peran guru dalam keterampilan critical thinking
    yaitu Guru mengevaluasi pemahaman siswa melalui kegiatan post test kepada siswa.

    BalasHapus
  14. (Deviani asri) saya akan mencoba menjawab pertanyaan no 5 keterampilan yang paling dominan Disini yaitu comunication.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Toling sertakan alasannya, karena keterampilan berpikir kreatif juga merupakan yang dominan pada tabel di atas

      Hapus
  15. (Deviani asri) saya akan mencoba menjawab pertanyaan no 5 keterampilan yang paling dominan Disini yaitu comunication.

    BalasHapus
  16. untuk meningkatkan creativty pada model 5E hargai pendapat siswa dan melakukan eksperimen

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jika hanya menghargai, apakah bisa meningkatkan kreatifitas?

      Hapus
  17. saya akan coba jawab pertanyaan nomor 2..
    Menurut saya, peran guru dalam critical thinking adalah sebagai stimulator. Sejalan dengan kurikulum yang berlaku di sekolah pada saat ini yaitu pembelajaran berpusat pada siswa, sehingga pembelajaran tidak lagi selalu satu arah, tetapi siswa lebih dituntut aktif dalam proses pembelajaran. pada critical thinking sendiri menuntut siswa untuk memiliki pengetahuan yang banyak dan beragam, sehingga disinilah letak peran guru sebagai stimulus, yang memberikan stimulasi kepada siswa untuk terus mengembangkan potensi dirinya dalam pembelajaran sejalan dengan kurikulum yang diterapkan untuk mencPi tujuan pembelajaran.

    BalasHapus
  18. Pendapat saya mengenai modifikasi model pembelajaran tersebut digunakan untuk memberikan siswa kebebasan dalam bereksperimen maupun mengungkapkan ide2 yang kreatif serta mengembangkan keterampilan siswa saat prises pembelajaran

    BalasHapus
  19. 2. Guru sebagai fasilitator. Guru mengontrol jalan nya proses pembelajaran dan siswa diberikan kebebasan untuk kreatif dan aktif. Setelah pembelajaran selesai guru akan mengetahui sejauh mana pemahamam siswa dengan cara memberikan soal
    5. Komunikasi

    BalasHapus
  20. Jelaskan apa pengertian dari model pembelajaran Cycle Learning 5E ?
    Siklus belajar 5E (learning cycle 5E) adalah model pembelajaran konstruktivis yang menggabungkan antara hands-on, minds-on, dan penyelidikan ilmiah berbasis pedagogi.
    Berbeda dengan metode pengajaran tradisional yang mendominasikan instruksi langsung dalam menyampaikan informasi, siklus belajar 5E dengan pendekatan hands-on di mana siswa dapat mengeksplorasi konsep baru, mengevaluasi kembali pengalaman masa lalu mereka, dan mengasimilasi atau mengakomodasi pengalaman baru dan konsep ke dalam skema yang sudah ada
    Jelaskan peran keterampilan 4C dalam model pembelajaran Cycle Learning 5E ?
    Keterampilan abad ke-21 atau diistilahkan dengan 4C (Communication, Collaboration, Critical Thinking and Problem Solving, dan Creativity and Innovation) merupakan kemampuan sesungguhnya ingin dituju dengan Kurikulum 2013.
    Tentu memiliki peran penting dalam langkah-langkah, acuan, dan cara menilai lebih terarah karenanya

    Bagaiamna peran guru dalam mengaktifkan siswa yang tidak berkomunikasi (Collaborative ) dalam kelompok kecil ?
    Peran guru adalah sebagai fasilisator untuk bertanya. Guru juga berperan memberikan motivasi untuk saling bertanya sehingga berjalan komunikasi dengan baik dan memperbaiki adanya miskonsepsi
    Bagaimana peran guru dalam menumbuhkan proses berfikiri kritis (Critical thinking) pada siswa ?
    Guru memberikan pertanyaan atau masalah sehingga siswa berusaha berpikir untuk memecahkan masalah tersebut
    Jelaskan bagaimana komunikasi (Communication) yang terjadi pada saat menggunakan forum diskusi online ?
    Komunikasi bisa dilakukan dengan lebih mudah karena pada umumnya orang yang memiliki kesulitan berbicara akan lebih mudah mengungkapkan melalui pesan teks. Media komunikasi dapat juga berupa audio maupun vidio.

    BalasHapus
    Balasan
    1. mohon maaf jawaban anda kurang sesuai dengan pertanyaan yang saya ajukan :)

      Hapus
  21. Peran guru adala memastikan bahwa siswa mengerjakan tugas yg diberikan. Karena Critical Thinking

    Siswa menjawab soal yang telah diberikan oleh guru

    BalasHapus
  22. 1. Tujuannya adalah untuk berinteraksi dgn siswa agar dapat mengobservasi kemampuan dan keahlian pada masing-masing siswa tersebut

    BalasHapus
  23. Peran guru dalam keterampilan critical thinking adalah menjadi fasilitator dalam setiap aktivitas pembelajaran yang merangsang pola pikir kritis siswa, memotivasi siswa, dan menganalisis serta mengevaluai hasil kerja siswa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Seperti yang di alami kebanyakan, merangsang pola pikir kritis siswa sangat sulit untuk dilakukan. Lantas bagaimana cara yang di perlukan agar siswa benar benar mampu mengasah pola pikir kritisnya?

      Hapus
  24. 1. Untuk mengetahui keterampilan siswa
    2. Sebagai fasilitator
    3. Memberikan tugas Yang menarik
    4. kerjasama
    5. Communication

    BalasHapus
  25. Siklus belajar 5E (learning cycle 5E) adalah model pembelajaran konstruktivis yang menggabungkan antara hands-on, minds-on, dan penyelidikan ilmiah berbasis pedagogi.
    Berbeda dengan metode pengajaran tradisional yang mendominasikan instruksi langsung dalam menyampaikan informasi, siklus belajar 5E dengan pendekatan hands-on di mana siswa dapat mengeksplorasi konsep baru, mengevaluasi kembali pengalaman masa lalu mereka, dan mengasimilasi atau mengakomodasi pengalaman baru dan konsep ke dalam skema yang sudah ada
    Jelaskan peran keterampilan 4C dalam model pembelajaran Cycle Learning 5E ?
    Keterampilan abad ke-21 atau diistilahkan dengan 4C (Communication, Collaboration, Critical Thinking and Problem Solving, dan Creativity and Innovation) merupakan kemampuan sesungguhnya ingin dituju dengan Kurikulum 2013.

    BalasHapus
  26. Menurut saya, peran guru dalam critical thinking adalah sebagai stimulator.

    BalasHapus
    Balasan
    1. terimakasih. mungkin bisa di tambahkan cara guru menstimulasi pemikiran siswa :)

      Hapus
  27. Berpikir kreatif adalah upaya untuk menghubungkan benda-benda atau gagasan-gagasan yang sebelumnya tidak berhubungan. Berpikir kreatif menggunakan benda-benda atau gagasan-gagasan yang sudah nyata ada dan di dalam pikiran kitalah sesungguhnya proses nyata itu berlangsung.

    BalasHapus
  28. Tujuannya adalah untuk berinteraksi dgn siswa agar dapat mengobservasi kemampuan dan keahlian pada masing-masing siswa tersebut

    BalasHapus
  29. Menurut saya peran guru dalam keterampilan critical thinking adalah menjadi fasilitator dalam setiap aktivitas pembelajaran yang merangsang pola pikir kritis siswa dalam suatu masalah, memotivasi siswa bagi siswa, dan menganalisis serta mengevaluai hasil kerja siswa.

    BalasHapus
  30. menurut saya jawaban pertanyaan 5 yaitu keterampilan yang paling dominan Disini yaitu comunication.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Menurut saya, mungkin karna di setiap pembelajaran keterampilan yang selalu terlihat dari siswa adalah Communication, karna pada keterampilan tersebut dilakukan siswa pada saat selama proses pembelajaran dan diskusi berlangsung

      Hapus
  31. Pertama untuk mengetahui adanya keterampilan pada setiap siswa nya, kedua yaitu sebagai fasilitator, ketiga dengan memberikan sebuah proyek kepada siswa nya, ke empat membutuhkan Kerja sama team dan kesepakatan team agar hasilnya sesuai yg di inginkan, dan yg ke lima komunikasih.

    BalasHapus
  32. Halo Lika, saya akan menajwab pertanyaan nomor 2
    Peran Guru dalam Critical thinking yakni sebagai fasilitator dan katalisator dalam mentrigger kemampuan critical thinking siswa terutama dalam merespon permasalahan yang disajikan dalam pembelajaran. dengan kehadiran guru, siswa akan menjadi lebih leluasa untuk mengutarakan argumentasinya kareana terjadi komunikasi yang baik.

    BalasHapus
  33. Hai sayang kakak coba jawab salah satunya ya
    Cara guru menumbuhkan chritical thinking siswa adalah dengan menggunakan model dan metoda yang dapat meningkatkan rasa keingintahuan siswa sehingga terarah untuk percaya diri dalam belajar mandiri, memberikan tanggung jawab kepada siswa untuk mampu mengelola pembelajaran yng mndiri
    Ok just it. 😘

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih kak atas jawabannya, pada tabel di atas saya menggunakan learning cycle 5E, menurut kakak apakah model tersebut sudah dapat dijadikan sebagai sarana untuk menumbuhkan critical thinking?

      Hapus

Esensi Kearifan Lokal di Abad 21

Abad 21 tidak lepas dari pembahasan mengenai kecanggihan teknologi di era revolusi industri 4.0. Mudahnya akses jaringan membuat perubahan p...